PESANTREN RAMADAN 1441 H

PESANTREN RAMADAN 1441 H

Ramadan sudah hampir memasuki separuh perjalannya dan kita masih melaksanakan pembelajaran dari rumah. Salah satu agenda sekolah yang harus dilaksanakan pada bulan Ramadan adalah Pesantren Kilat. Mengingat dan Menimbang situasi tanggap Covid-19 yang masih terus dilaksanakan, maka pelaksanaan pesantren kilat akan dilaksanakan secara Daring.

Dengan adanya kegiatan Pesantren kilat diharapkan siswa dapat :

  1. Meningkatkan keimanan dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi anak yang sholeh yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ;
  2. Memperdalam dan meningkatkan penghayatan ajaran agama Islam khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak, dan Al quran
  3. Mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh bagi siswa.

Secara umum Pesantren kilat mengandung dua kata yaitu pesantren dan kilat. Arti dari pesantren secara umum yaitu suatu lembaga pendidikan Islam yang didalamnya terdapat petugas yang mendidik dan mengajar para santri dengan menggunakan sarana masjid, sekolah, madrasah, Kilat artinya dilakukan dalam waktu yang singkat.
Secara Khusus Pesantren kilat adalah Kegiatan ekstrakurikuler disekolah yang bertujuan untuk memantapkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan untuk siswa yang beragama Islam dengan pola tata cara kehidupan dipesantren yang dilakukan di dalam lingkungan sekitar sekolah.

Berdasarkan tujuan tersebut Pelaksanaan Pesantren Kilat pada SMAN 1 Bangkunat Belimbing akan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 11 s.d 13 Mei 2020.Dengan materi pokok pesantren antara lain AQIDAH, IBADAH dan AKHLAK. Setiap materi akan disampaikan perhari, jadi satu materi satu hari pelaksanaan. Semua materi tersebut dapat diakses dari rumah dan dikerjakan dirumah.

Untuk Susunan Kepanitiaan Pesantren Kilat SMAN 1 Bangkunat Belimbing adalah bapak dan ibu:

  1. Ketua: Hipzon, S.Ag
  2. Sekretaris: Masrina, S.Pd
  3. Bendahara: Imam Mahmudi, S.Pd.I
  4. Anggota 1: Anisah, S.Pd.I
  5. Anggota 2: Aroni, S.Pd.I
  6. Anggota 3: Nanang Harun R, S.Pd

Jadwal dan teknis pelaksanaan akan segera disampaikan oleh panitia. Semoga acara penilaian Pesantren Kilat dapat terlaksana dengan baik. Selama Pelaksanaan Pesantren Kilat maka KBM Daring di tiadakan (11, 12 dan 13 Mei)

Catatan untuk Siswa:

  1. Pesantren Kilat adalah kegiatan Penilaian
  2. Penilaian Pengetahuan, Penilaian sikap spriritual
  3. Penilaian yang masuk dalam KBM
  • Bagikan: