RESOLUSI 2023

RESOLUSI 2023

Mengakhiri tahun 2022 SMAN 1 Bangkunat Belimbing mendapatkan kado terindah dari BAN-SM, yaitu Surat Keputusan (SK) penetapan Akreditasi sekolah. Berdasarkan surat keputusan Nomor: 1885/BAN-SM/SK/2022 SMAN 1 Bangkunat Belimbing NPSN 10810244 Alamat Jalan Lintas Barat Way Heni, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. terakreditasi A (UNGGUL) dengan Nilai 91.

Menyongsong tahun 2023 diawali pada tanggal 2 Januari 2023, guru dan peserta didik sudah masuk sekolah. Dalam kesempatan apel pagi, kepala sekolah menyampaikan kabar baik kepada seluruh warga sekolah tentang tercapainya cita-cita sekolah untuk meningkatnya status akreditasi sekolah. Terima kasih diucapkan kepada seluruh guru, karyawan dan peserta didik atas upaya dan doanya sehingga pencapaian yang diperoleh sekolah adalah pencapaian bersama, bukan semata milik kepala sekolah atau guru, melainkan milik kita warga sekolah.

Dalam melaksanakan tugasnya seluruh guru diharapkan mampu menerapkan tehnik dan proses pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka, semangat disiplin dan semangat meningkatkan kemampuan keprofesionalnnya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Tak lupa juga kepada seluruh staf administrasi untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola dan menggunakan perangkat elektronik.

Beberapa Rekomendasi dari Asesor yang diberikan kepada sekolah untuk dapat di buat atau dikembangkan:

Mutu Lulusan

A). SMAN 1 Bangkunat Belimbing perlu menyelenggarakan pembiasaan relegius dan kegiatan ekstrakurikuler dan mengikutsertakan siswa dalam berbagai kompetisi serta mendapatkan dukungan fasilitas dari sekolah, orang tua dan masyarakat yang menghasilkan berbagai prestasi dalam berbagai kegiatan pengembangan minat dan bakat yang dibuktikan dengan perolehan berbagai prestasi/penghargaan lebih meningkat lagi yaitu tingkat propinsi, nasional maupun internasional. B). Guru perlu melaksanakan proses pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif (membaca, bertanya, berdiskusi, praktik, atau menggunakan media), melibatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, dilaksanakan melalui pengalaman yang konkret, dan menyajikan materi yang lebih bermakna bagi kehidupan siswa serta berdampak pada pemecahan masalah kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat menunjukkan budaya: 1. Budaya berkolaborasi yang terprogram dengan guru, tenaga kependidikan, atau siswa lainnya dalam bentuk kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler serta penggunaan sumber daya belajar. 2. berpikir kritis dan pemecahan masalah secara konsisten dan sistematis yang ditunjukkan melalui proses pembelajaran dan hasil karya siswa baik lisan maupun tulisan 3. kreatif dan inovatif secara konsisten yang ditunjukkan melalui proses pembelajaran dan hasil karya siswa dalam bentuk lisan, tulisan, dan/atau karya lainnya melalui kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler di dalam dan di luar sekolah. 

Proses Pembelajaran

1. Guru perlu melaksanakan program remedial dan/atau pengayaan (sesuai kebutuhan) secara sistematis, terstruktur, dan berkelanjutan dengan menggunakan berbagai strategi yang berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan cara membuat program perencanaan pembelajaran yang berkualitas, menerapkan berbagai strategi pembelajaran, penilaian, penggunaan media pembelajaran. Guru perlu membuat analisis hasil evaluasi (nilai) pembelajaran untuk memetakan siswa belum tuntas, sudah tuntas dan tindak lanjutnya serta merefleksi hasil evaluasi sebagai dasar peningkatan kinerja selanjutnya. 2. Guru perlu meningkatkan pembiasaan literasi sehingga berdampak pada (1) terbentuknya budaya membaca dan menulis di luar kelas, (2) menghasilkan-karya literasi, cerpen, dan karya tulis lainnya, dan (3) terpublikasinya karya literasi siswa di masyarakat dengan cara membiasakan anak membaca buku pelajaran beberapa saat sebelum pelajaran dimulai, memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah seperti; mengoptimalkan ruangan yang tersedia sebagai ruang baca yang mudah digunakan siswa, mengoptimalkan majalah dinding, mengoptimalkan wibesite sekolah sebagai tempat untuk mempublikasikan karya literasi siswa ke masyarakat.

Mutu Guru

1. Guru perlu melakukan evaluasi dan refleksi diri melalui berbagai kegiatan seperti observasi kelas dan pemberian kuesioner tentang pelaksanaan pembelajaran, rekaman audio atau video, dan hasilnya didiskusikan serta diseminasikan ke teman sejawat yang difasilitasi sekolah untuk perbaikan kinerja secara berkelanjutan yang terlihat pada perbaikan mutu pembelajaran dan capaian hasil belajar siswa. 2. Untuk perbaikan mutu pembelajaran, Kepala Sekolah perlu mengembangkan kurikulum dengan melibatkan para pemangku kepentingan, serta mengimplementasikan dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum secara sistematis, kreatif, inovatif, dan efektif yang berkesinambungan serta berdampak pada peningkatan prestasi siswa. 3. Untuk mendapatkan hasil belajar siswa yang baik guru perlu melaksanakan program remedial dan/atau pengayaan (sesuai kebutuhan) secara sistematis, terstruktur, dan berkelanjutan dengan menggunakan berbagai strategi. Guru juga melakukan pembiasaan literasi membaca dan menulis di sekolah yang berdampak pada (1) terbentuknya budaya membaca dan menulis di dalam dan di luar kelas, (2) menghasilkan karya-karya literasi.

Manajemen Sekolah

Kepala SMAN 1 Bangkunat Belimbing perlu menerapkan secara konsisten dalam penyusunan RAKS berdasarkan EDS dan raport mutu secara nyata dan melakukan pengelolaan guru dan tenaga kependidikan yang komprehensif, efektif, efisien, dan akuntabel pada kegiatan rekrutmen, seleksi, penugasan, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja, dan pemberian penghargaan/sanksi yang berdampak terhadap persepsi positif pemangku kepentingan, iklim kerja yang kondusif, dan peningkatan kinerja. Sehingga guru dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling dalam bidang pribadi, sosial, akademik, pendidikan lanjut, dan/atau karier untuk mendukung pencapaian dan pengembangan prestasi secara berkelanjutan dengan dukungan SDM yang berkualitas. Dengan demikian, siswa dapat berpartisipasi dan berprestasi dalam berbagai kegiatan pengembangan minat dan bakat yang dibuktikan dengan perolehan berbagai prestasi/penghargaan tingkat lokal, nasional maupun internasional serta siswa memiliki prestasi akademik yang meningkat secara konsisten yang berdampak pada persepsi positif masyarakat terhadap sekolah.

Semoga seluruh rekomendasi dapat dilaksanakan dengan baik.

  • Bagikan: